Sunday, October 21, 2012

Tomat Dapat Turunkan Risiko Stroke


Washington (AFP/ANTARA) – Memakan banyak tomat dapat menurunkan risiko terkena stroke, menurut sebuah penelitian baru pada Senin, yang meyediakan lebih banyak dukungan untuk diet yang kaya akan buah-buahan dan sayuran.
Faktor utama yang muncul adalah likopen antioksidan, menurut penelitian asal Finlandia yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology.
Penelitian tersebut, yang didasarkan pada data lebih dari 1.000 pria berusia pertengahan, diiikuti dengan usia rata-rata 12 tahun, mengindikasikan bahwa orang-orang yang memiliki likopen tingkat tinggi dalam darah mereka, memiliki 55 persen kesempatan lebih rendah untuk mengalami stroke.
“Penelitian ini menambahkan bukti bahwa diet tinggi buah dan sayuran berhubungan dengan risiko stroke,” ujar penulis penelitian, Jouni Karppi, dari University of Eastern Finland, di Kuopio.
Di antara 258 pria yang memiliki likopen tingkat terendah dalam darah mereka, terdapat satu dari 10 pria yang mengalami stroke. Namun di antara 259 yang memiliki antioksidan dengan tingkat tertinggi, jumlah tersebut turun menjadi satu dari 25 orang.
Korelasi antara tingkat likopen dan risiko stroke lebih besar ketika para peneliti hanya memasukkan stroke yang diakibatkan oleh gumpalan darah, meninggalkan mereka yang disebabkan oleh pendarahan.
Para partisipan dengan tingkat tertinggi likopen memiliki 59 persen lebih rendah risiko stroke dari gumpalan darah dibandingkan pria yang memiliki antioksidan dengan tingkat terendah.
Jumlah keseluruhan, 67 dari pria mengalami stroke saat penelitian tersebut.
Para peneliti mengamati sejumlah antioksidan lainnya, seperti alpha-carotene, beta-carotene, alpha-tocopherol, yang membentuk vitamin E, dan vitamin A, atau retinol, namun tidak menemukan hubungan dengan risiko stroke. (dh/ml)

No comments:

Post a Comment